Langkah Langkah Bongkar Pasang Komputer

Langkah langkah Bongkar Pasang Komputer, untuk temen temen yang baru ingin belajar untuk menjadi seorang teknisi komputer, tentu Bongkar Pasang Komputer harus benar benar di kuasai betul, terutama bagi temen temen yang baru menginjak sekolah SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, karena materi yang di pelajari adalah tentang hardware termasuk juga Bongkar pasang komputer ini. namun bagi temen temen sekalian yang belum mengetahui tentang perangkat keras komputer dan fungsinya dapat membaca di postingan saya sebelumnya tentang Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Bongkar pasang komputer merupakan dua proses yang di gabungkan yaitu Bongkar dan pasang. Bongkar komputer merupakan proses pemindahan perangkat keras komputer (Hardware) dari dalam kesing komputer. sedangkan Pasang atau sering juga di kenal dengan sebutan Perakitan Komputer yang artinya memasukkan semua perangkat keras komputer (Hardware) yang di perlukan ke dalam casing komputer.

Langkah Langkah Bongkar Pasang Komputer

sebelumnya melakukan Langkah Langkah Bongkar Pasang Komputer, langkah utama adalah mempersiapkan alat- alat yang di perlukan untuk bongkar pasang komputer, alat alat tersebut terdiri dari :

  1. Obeng min (-)
  2. Obeng Plus (+)
  3. Tang kecil
  4. Kaos Tangan Tipis (Bila di Perlukan) Kaos tangan ini untuk berjaga jaga supaya tidak kenak tegangan kecil. walaupun komputer dalam keadan mati ataupun tidak terhubung ke listrik, namun sebenarnya masih ada sisa sia tegangan yang tersimpan di dalam komponen komputer, oleh karena itu Kaos tangan tipis dimasukkan ke alat untuk melakukan bongkar pasang komputer
apabila alat alat di atas sudah disiapkan, maka saatnya kita untuk proses pembongkaran komputer.

Langkah langkah Untuk Membongkar Komputer

  1. bukalah penutup kasing komputer yang terletak di samping kanan dan kiri pada komputer
  2. lepaskan semua kabel yang terhubung ke motherboard contoh : kabel power, konektor 4 PIN, Kabel IDE / SATA, kabel USB, Kabel Audio, Kabel Front Panel.
  3. lepaskan kabel power yang terhubung ke hard disk, CD Room, ataupun Flopy DIsk.
  4. pastikan semua kabel power supply tidak terhubung ke semua perangkat yang ada di komputer tersebut
  5. lepaskan mur yang menghubungkan Power supply ke kasing komputer, kemudian angkat power supply tersebut keluar dari kasing komputer
  6. keluarkan hard disk / CD Room / Floopy Disk dari kasing komputer namun sebelumnya pastikan untuk membuka mur yang merekat di samping kanan dan kiri dari perangkat tersebut.
  7. lepaskan RAM yang terhubung ke motherboard
  8. buka semua mur yang ada di motherboard dan pastikan semua mur tersebut sudah terlepas semua, kemudian angkat keluar motherboard tersebut dari kasing komputer.
  9. sekarang kasing komputer terlihat kosong dan gak ada satu komponen yang tersisa, namun hanya tinggal kabel USB, Audio, dan Front Panel saja.
  10. untuk melepaskan processor dari motherboard, lepaskan FAN Processor terlebih dulu dari motherboard. untuk melepaskan FAN tersebut sesuaikan dengan jenis FAN yang temen temen punya, karena setiap jenis processor memiliki FAN yang berbeda, jadi proses untuk melepaskannyapun juga berbeda.
  11. kemudian buka pengunci processor, dan angkat processor dari motherboard.
Langkah langkah Untuk Merakit Komputer (Pemasangan)

  1. letakkan processor pada socket processor yang ada di motherboard, untuk pemasangan processor ini harus di lihat terlebih dulu PIN dari processorn, sesuaikan dengan sockat yang ada di motherboard.
  2. agar supaya processor tidak cepat panas, disarankan untuk menyisipkan Pasta 
  3. processor.pasanglah FAN Processor di atas processor tersebut
  4. pasang RAM ke slot RAM yang terletak di motherboard
  5. selanjutnya letakkan motherboard ke kasing komputer dan pasang masing masing mur
  6. tancapakan kabel USB, Audio, dan Front Panel ke motherboard. untuk front panel biasanya keterangannya ada di motherboard itu sendiri.
  7. pasang power supply ke dalam casing komputer, dan hubungkan kabel power dan konektor 4 PIN ke motherboard
  8. masukkan Harddisk, CD Room, ataupun Flopy Disk ke dalam kasing komputer, dan jangan lupa tancapkan kabel IDE / SATA dari ke 3 perangkat tersebut dan hubungkan ke motherboard, serta pasang kabel power IDE / SATA dari power supply ke 3 perangkat tersebut. dan jangan lupa pula untuk memasang mur dari samping kanan dan kiri sebagai penguat (supaya tidak goyang).
  9. terakhir pasang penutup kasing kanan dan kiri
dengan begitu temen temen sekalian sudah mengetahui Langkah Langkah Bongkar Pasang Komputer. semoga bermanfaat
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Yudi prayoga
admin
November 23, 2019 at 3:35 AM ×

Untuk cara dan tutorialnya bisa lihat di Dunia komputer

Reply
avatar
February 9, 2022 at 4:35 AM ×

Mantap bang👍,akhirnya saya bisa rakit pc sendiri

Reply
avatar