Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya, secara umum perangkat perangkat komputer dapat di bedakan menjadi 3 macam yaitu Hardware (Perangkat keras), Software (Perangkat Lunak), dan Brainware (Pengguna atau User).
Perangkat Keras (Hardware) merupakan sebuah perangkat komputer yang dapat di lihat, di sentuh atau berwujud yang mendukung kinerja komputer itu sendiri. Perangkat Lunak (Software) merupakan sebuah perangkat komputer yang tidak dapat di dilihat oleh mata kita, dan tidak bisa kita sentuh / tidak ada wujudnya, karena perangkat lunak ini berada dalam perangkat keras komputer berupa program ataupun operating sistem. sedangkan yang di maksud dengan Brainware atau pengguna (User) adalah kita sendiri yang menggunakan komputer (manusia).


Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

namun untuk kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Perangkat Keras (Hardware) komputer. tanpa basa basi lagi yuk kita bahas bareng bareng Apa saja perangkat keras komputer dan fungsinya

Macam Macam Perangkat komputer dan fungsinya

seperti yang kita tahu bahwa perangkat keras komputer banyak sekali macamnya, namun untuk mempermudah penjelasan dan pemahaman kita akan coba bagi terlebih dulu. perangkat keras komputer dapat kita bagi menjadi 4 bagian yaitu :
  1. Input Device
  2. Process Device
  3. Output Device
  4. Storage Device
1. Input Device
input device merupakan sebuah perangkat keras komputer dimana fungsinya untuk memasukkan data dari perangkat masukkan. contoh dari Input Device adalah :
  • Mouse, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menggeser pointer di layar monitor sehingga mmebuat kita bisa mengoprasikan komputer dengan lancar
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
  • Keyboard, merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter, serta bagi sebagian pengguna keyboard dapat digunakan untuk mengoprasikan komputer yang berbasis text
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
  • Scanner, merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menagkap gambar dan memasukkan langsung ke komputer, sehingga perangkat ini juga di sebuat Input Device
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
2. Process Device
Process device merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memproses data yang sudah di masukkan oleh Input Device dan akan di keluarkan melalui perngkat output device. berikut ini beberpa contoh perangkat process device dan fungsi dari masing masing perangkat :
  • Processor, merupakan perangkat keras komputer yang sering kita kenal sebagai otak komputer, jadi di processor ini lah semua data data di proses. sehingga kecepatan kinerja dari sebuah komputer dapat di tentukan oleh processor yang tinggi.
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
  • Motherboard, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghubungkan semua perangkat keras komputer sehingga dapat berjalan. motherboard ini dalam ilmu elektro disebut dengan papan rangkaian. 
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
  • Power Supply, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik ke semua perangkat keras komputer yang terhubung.
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
3. Storage Device
Storage Device merupakan perangkat keras komputer yang dapat berfungsi sebagai media penyimpanan seperti Flashdisk, Memori Card SD, CD/DVD, dan berangkat keras penyimpanan lainnya
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
mungkin cupuk sekian penjelasan mengenai Perangkat Keras Komputer dan Fungsi, semoga bermanfaat dan jangan lupa share 
Oldest

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
March 30, 2016 at 10:55 AM ×

Semoga bermanfaat bagi pembaca

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar